468x60 Ads

Sabtu, 29 November 2014

ARISTEKTUR SET INSTRUKSI DAN JENIS INSTRUKSI

1        ARSITEKTUR SET INSTRUKSI
a         Pengertian
    Set instruksi didefinisikan sebagai suatu aspek dalam arsitektur computer yang dapat dilihat oleh para pemprogram. Secara u mum, ISA (Instruction Set Architecture) ini mencakup jenis data yang didukung, jenis instruksi yang dipakai, jenis register, mode pengalamatan, arsitektur memori, penanganan interupsi, eksepsi dan operasi I/O eksternalnya (jika ada).
ISA merupakan sebuah spesifikasi dari Pullman semua kode-kode biner (opcode) yang diimplementasikan dalam bentuk aslinya (native form) dalam sebuah desain prosessor tertentu. Kumpulan opcode tersebut, umumnya disebut sebagai bahasa mesin (machine language) untuk ISA yang bersangkutan.
ISA kadang-kadang digunakan  untuk membedakan kumpulan karakteristik yang disebut diatas dengan mikroarsitektur prosessor yang merupakan kumpulan teknik desain prosessor untuk mengimplementasikan set instruksi.
b      Bagian dari instruksi
001000
00001
00010
0000000101011110
Op Code
Addr 1
Addr 2
Immediate Value
Equivalent Mnemonic :  Addi $r1, $r2, 350
    Satu instruksi mungkin memiliki beberapa bidang, yang mengidentifikasi operasi logis untuk dilakukan, dan bias juga menyertakan alamat sumber dan tujuan dan nilai-nilai konstan. Ini adalah MIPS “ Tambahkan Segera” instruksi yang memungkinkan pemilihan register sumber dan tujuan dan inklusi dari sebuah konstanta kecil.
Pada arsitektur tradisional, instruksi mencakup opcode menentukan operasi yang akan dilakukan , seperti “isi menambahkan memori untuk mendaftarkan”, dan nol atau lebih operan penspesifikasi, yang dapat menentukan register, memori lokasi, atau data harfiah. Para penspesifikasi operan mungkin memiliki mode pengamatan menentukan makna mereka atau mungkin dalam bidang tetap. [1]
2        JENIS INSTRUKSI
Jenis instruksi diadalam set instruksi antara lain:
a.       Data processing : arithmetic dan logic instructions
b.      Data storage : memory instructions
c.       Data movement : I/O instructions
d.      Control : test and branch [2]

Daftar Pustaka:
[2] https://ekofitriyanto.wordpress.com/2013/10/30/177/


0 komentar:

Posting Komentar