468x60 Ads

Minggu, 20 Januari 2013

Prinsip dan Motif Ekonomi


A.    Prinsip Ekonomi
      Prinsip ekonomi merupakan usaha manusia untuk mencapai hasil yang semaksimal mungkin dengan pemuas kebutuhan yang ada padanya.
Orang yang bertindak yang berdasarkan prinsip ekonomi,ialah:
1.      Bertindak Ekonomi
Merupakan tindakan manusia didalam memenuhi kebutuhannya dengan tindakan yang rasional atau dengan kata lain,setiap tindakannya melalui pemikiran lebih dulu dan selalu berpegang pada prinsip ekonomi.
2.      Berpikir Ekonomi
Berpikir ekonomi bukan hanya bagaimana cara menggunakannya atau menghabiskan sumber-sumber yang telah tersedia tetapi lebih dari itu,bagaimana melakukan perubahan nilai guna dari barang yang didapat dari alam agar memiliki nilai guna yang lebih tinggi untuk mengimbangi kebutuhan yang semakin meningkat.
Macam-macam Prinsip Ekonomi
1.      Prinsip Ekonomi Konsumen
    Dengan pendapatan yang diterimanya,konsumen akan berusaha memenuhi kebutuhannya semaksimal mungkin dan tetap menyesuaikan dengan kemampuan dan penghasilan yang diterimanya.Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah:
a.       Menyusun daftar barang yang akan dibeli
b.      Menentukan barang-barang dengan kualitas baik
c.       Tidak cepat tertarik dengan barang-barang yang dijual dengan discount.
d.      Selalu memperhatikan besarnya pengeluaran.
2.      Prinsip Ekonomi Pedagang/Produsen
    Seorang pedagang selalu memiliki prinsip,dengan modal sekecil-kecilnya dengan mendapat laba(keuntungan) yang sebesar besarnya,walaupun dengan menghalalkan segala cara.
Pedagang yang baik selalu memperhatikan hal-hal dibawah ini:
a.       Memperbanyak barang dagangan yang dibutuhkan masyarakat,serta dijual dengan harga terjangkau.
b.      Menjual barang dengan kualitas baik serta tak menyembunyikan kecacatannya.
c.       Berusaha mendapat barang murah,kualitas baik,serta mendapat keuntungan yang melimpah dengan memperhatikan daya beli masyarakat.
d.      Memberikan pelayanan yang baik terhadap konsumen.
e.       Menjual barang yang legal dan sah,bukan yang illegal,selundupan apalagi barang-barang yang terlarang lainnya.
3.      Prinsip Ekonomi Produsen
     Kebalikan dari yang diatas,setiap produsen menghasilkan barang atau jasa akan berusaha mendapat keuntungan yang semaksimal mungkin dengan menggunakan sarana dan prasarana yang dimilikinya.
Seorang produsen harus/wajib memperhatikan hal-hal dibawah ini:
a.       Melalukan survey dilapangan,mengenai barang apa yang diminati oleh konsumen.
b.      Menghasilkan barang/jasa dengan kualitas baik serta terjangkau
c.       Menentukan harga barang dengan tidak terlalu tinggi serta memberikan keuntungan
d.      Menghasilkan barang-barang yang sah dan sesuai ketentuan yang berlaku.
e.       Mendistribusikan barang .

Prinsip-prinsip inilah yang harus diperhatikan oleh semua pihak (pelaku ekonomi),serta membelanjakan/membeli barang sesuai dengan kebutuhan dan tidak melakukan pemborosan.
B.     Motif Ekonomi
     Didalam melakukan kegiatan ekonomi,seseorang selalu didorong oleh suatu keinginan didalam dirinya demi mencapai kebutuhan atau kepuasan hidupnya supaya tercapai dengan baik.
     Setiap sebab/alasan yang mendorong seseorang melakukan tindakan ekonomi, inilah yang disebut motif ekonomi.
Macam-macam Motif Ekonomi
1.      Motif untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai kemakmuran.
Seorang manusia akan selalu berusaha untuk mencapai kemakmuran demi kelangsungan hidupnya,inilah yang menyebabkan manusia melakukan kegiatan ekonomi.
2.      Motif untuk mendapatkan keuntungan(laba)
Seorang pedagang akan berusaha untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya,dengan hal itu pedagang biasanya menjajakan dagangannya kepada orang lain dengan harga yang tinggi.Meskipun pedang melakukan perniagaan seperti itu,akan tetapi demi mendapat keuntungan tak jarang mereka melakukan segala macam cara.
3.      Motif untuk mendapat penghargaan
Meskipun pedang telah dapat menjual barang dagangannya dengan baik serta mendapat keuntungan,biasanya pedagang akan melakukan bakti social,semua itu diharapkan pedang tersebut mendapatkan penghargaan dari masyarakat.
4.      Motif social(menolong sesama)
Indonesia memiliki banyak saudagar kaya raya.Tetapi mereka tetap menolong orang-orang yang menderita/tak mampu,semua itu didorong atas dasar keprihatinan dan peduli sesame.
5.      Motif untuk mendapat kekuasaan ekonomi.
Seorang pedagang yang telah sukses dalam merintis usahanya,serta memiliki banya cabang,akan tetapi ia tetap memperluas usahanya bukan karena keuntungan tapi demi menguasai pasar,konsumen,serta pengusaha kecil.Ini semua ia lakukan demi mendapatkan kekuasaan.
6.      Motif untuk terjun kedunia politik
Seorang saudagar yang telah habat(dalam usahanya)memiliki banya cabang,harta,kekuasaan pasar dll,tak hanya memikirkan kemakmuran lagi tapi lebih merambah dalam dunia politik,memasuki ormas,serta berusaha menjadi pemimpin yang aktif dan melakukan bakti social untuk kepentingan politiknya,sehingga peluang berpolitik kian melebar.

Sumber:
Iskandar,S.E.Ilmu Pengetahuan Sosial.Jakarta:Pranata Pustaka

0 komentar:

Posting Komentar